Harga Jasa Arsitek Rumah Ini Patut Menjadi Perhitungkan

Harga Jasa Arsitek Rumah Ini Patut Menjadi Perhitungkan! Saat ini pembangunan sedang marak-maraknya terjadi saat ini.  Sehingga, hal ini bisa menjadi acuan  semakin berkembang untuk para promotor pembangunan kini. Namun, kendala saat ini adalah banyaknya masyarakat yang masih awam akan dunia pembangunan. Untuk saat ini yang menjadi masalah adalah tidak percaya diri masyarakat saat menggunakan jasa arsitek.

Arsitek Rumah

Bacajuga artikel lain di : https://jurnalsehat.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Sebelum itu, kamu harus mengetahui harga atau tarif sebelum menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah impian. Yuk, intip penjelasan berikut ini!

Dilihat Persentase RAB

Untuk harga jasa arsitek rumah ini dikhususkan untuk rumah-rumah mewah yang biasanya mengandung desain rumit sesuai dengan apa yang diinginkan kamu sebagai pemilik rumah. Penghitungan biaya akan dimulai dari proses pembangunan sampai rumah atau proyek selesai dibangun. Hal ini yang biasanya melandasi berapa harga dari arsitek.

Bila kamu menghitungnnya dengan menggunakan persentase RAB, maka sebenarnya dapat merugikan pengguna jasa atau bahkan arsiteknya sendiri sebab harga yang dibayarkan akan sama antara arsitek pengalaman atau yang masih junior.

Dilihat dari Ukuran Bangunan

Arsitek senior atau yang berpengalaman akan menghitungnya berdasarkan ukuran bangunan. Sehingga secara bayaran atau tarif arsitek junior memperoleh lebih rendah dibandingkan arsitek yang memiliki jam terbang tinggi. Karena, bila meinilik lebih jauh bahwa semakin tinggi pengalaman dan kemampuannya tidak diragukan lagi maka akan semakin mahal pula bayarannya. Di Indonesia sendiri sistem pembayaran menggunakan cara ini cukup popular dan menjadi hal lumrah di kalangan arsitek dan pengguna jasanya.

Jika menelusuri ke belakang bahwa sejak tahun 2012, Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI menetapkan minimum honorium arsitek kira-kira 200 ribu/meter2 atau besarannya sekisar 7% dari nilai fisik bangunan tersebut. Cukup lumayan bukan, untuk harga jasa Arsitek Rumah.

Dilihat dari Per Meter Persegi

Kebanyakan arsitek dalam menawarkan diri pasti melalui desain gambar dan metode yang selalu dipakai dalam hal ini adalah hitungan per meter persegi. Sebenarnya hitungan per meter persegi bagaimana? Biasanya dihitung berdasarkan luas rumah yang dibangunnya. Kamu bisa menentukan tarif atau harga arsitek lewat cara ini. Contohnya bila luas bangunan 300 m2 maka kamu bisa membayar arsitek sesuai dengan harga patokan per meter dikalikan luas bangunan. Biasanya sihharganya per meternya yaitu dari 200 ribu sampai 300 ribu.

Dengan adanya pemaparan di atas mengenai harga jasa arsitek rumah yang pastinya semakin membuatmu dan para pengguna jasa ini paham bahwa di era pembangunan sekarang, bukan suatu ha lasing bila menggunakan jasa arsitek. Mengetahui harga sebelum menggunakan jasanya juga penting, agar tidak terjadinya over budgeting kamu, sehingga kamu bisa menekan pengeluaran sebaik mungkin, dibandingkan membuat rumah atau bangunan sendiri daripada membangunnya menggunakan arsitek handal. Untuk itu selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *